Manajemen Project Materi 1

Pengalaman Manajemen Project

Defini Proyek

Proyek adalah usaha sementara yang dilakukan untuk menghasilkan produk, layanan, atau hasil yang unik. Proyek berakhir ketika tujuannya tercapai, atau proyek telah diakhiri.

Definsi Manejemen Proyek

Manajemen proyek adalah penerapan pengetahuan, keahlian, alat bantu dan tehnik pada aktivitas proyek untuk memenuhi kebutuhan proyek

Alasan Manajemen Proyek diperlukan yaitu salah satunya untuk Supaya target tercapai, Ingin melakukan perubahan, dan atau pengembangan dan Memerlukan terobosan.

Atribut Proyek

Ada beberapa atribut yang tertera pada proyek diantaranya yaitu

  1. memiliki tujuan unik
  2. bersifat sementara,
  3. dikembangkan menggunakan elaborasi progresif,
  4. memerlukan sumberdaya, seringkali dari berbagai area,
  5. harus memiliki pelanggan atau sponsor utama.
  6. bersifat tak tentu

Dalam kegiatan atau pelaksanaan proyek juga ada tiga batasan sehingga proyek tersebut lebih terarah dan tepat sasaran. Tiga batasan tersebut adalah

  1. sasaran lingkup
  2. Sasaran waktu
  3. Sasaran biaya.

Manajemen proyek yang berhasil berarti dapat memenuhi ketiga sasaran tersebut.

Siklus hidup proyek

Secara garis besar siklus hidup proyek dibagi menjadi 4 tahapan yaitu :

  1. konsepsi,
  2. perencanaan,
  3. eksekusi
  4. operasi.

Pemilihan Proposal Proyek

  • Evaluasi Administratif

Evaluasi ini untuk menentukan apakah proposal proyek telah memenuhi ketentuan-ketentuan administratif  yang disyaratkan misalnya aspek hukum, bidang pekerjaan, dan aspek finansial

  • Evaluasi Isi Proposal Proyek

Pada tahap ini proposal proyek dievaluasi dalam hal misalnya personel, metodologi/teknis, performansi,/kualitas, harga dan jadwal. Kriteria yang digunakan bergantung pada jenis proyek.

Negosiasi Kontrak

Negosiasi anatara pemilik proyek (user) dengan calon kontraktor yang terpilih

Kriteria Sukses Proyek

  1. Menentukan definisi tujuan (goal definition) yang jelas
  2. Hasil dari proyek tersebut dapat diterima oleh pelanggan
  3. Komitmen yang kuat pada suatu proyek
  4. Cakupan (Scope) proyek yang digarap sewajarnya
  5. Biaya yang dikeluarkan ketika proyek terselesaikan tidak jauh dari rencana awal
  6. Kualitas yang baik
  7. Ketrampilan sumber daya manusia
  8. Komunikasi yang baik
  9. Resiko yang ditimbulkandari sebuah proyek kecil
  10. Yang terakhir hasil dari sebuah proyek diharapkan tidak menimbulkan suatu permasalahan baru.
Print Friendly, PDF & Email